Pages

Search Upil on This Blog

Protected by Copyscape Duplicate Content Detection Software

Wednesday, May 26, 2010

Perjalanan

Suer deh, gak ada niatan untuk nyamain judul album keduanya d’Masiv, tapi sekarang gue emang lagi pengen nulis kronologi perjalanan gue selama tiga hari hampir tiga malem kemaren. Kemanakah gue? Simak aja, guys! Enjoy it!
But, sebelum gue cerita tentang perjalanannya. Ada baiknya gue flashback dulu latar belakang gue melakukan perjalanan ini.

Semuanya bermula ketika di pertengahan bulan Februari kemaren ada undangan PMDK ke sekolah gue (SMANJAS) dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Karena siswa yang daftar itu dibatasi—cuma 5 orang— maka gue mencoba memberanikan diri untuk ikutan. Seperti keinginan gue sebelumnya, gue pengen jadi penulis yang mencintai negaranya, maka gue pilih jurusan sastra Indonesia. Tapi, setelah gue fikir-fikir dan konsultasi sama banyak pihak, penulis doang gak cukup untuk menopang masa depan gue. Maka dari itu gue pilih yang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Meski gue udah ngerasa gak ada bakat jadi guru (karena setiap gue jelasin sama orang, orang itu pasti gak ngerti dan imbasnya gue jadi suka gemes sendiri), gue tetep nekat jalanin semuanya. Menurut kabar juga banyak yang gak mau jadi guru, tapi setelah nyoba jadi ketagihan gitu. Dan semoga aja gue juga kayak gitu. Nah, singkat waktu gue daftarlah dengan mengisi formulir yang udah disediakan dari sana. Ngisi formulirnya kudu hati-hati bak UN. Hal yang paling membuat males adalah ngisi kolom nama, U-Know-What?? Nama gue panjang banget, ada 17 huruf yang jarak antar hurufnya berjauhan—ROSPITA NUR FAZRIAH—. Soalnya ngisinya juga pake pensil 2B dan discan kompie pastinya. Gue aja ngisi formulir itu ampe dua hari, soalnya waktu gue baru ngisi setengah, kafe curhat (Ruang BP) udah mau tutup karena udah jam pulang juga.
Hari itu tanggal 28 April, seperti pagi sebelumnya gue stay at home. Saat lagi asyik sms-an, bokap nelpon gue dan nyuruh dateng ke sekolah karena beliau dapet kabar bahwa ada pengumuman dari UNY. Buru-buru gue mandi dan dateng ke sekolah dengan perasaan enggan karena setau gue pengumannya tanggal 26 Mei, takutnya bokap salah info. Tapi setelah gue tiba di gerbang sekolah, temen gue sms kalau gue DITERIMA di UNY. Pas ketemu orang yang sms, muka gue diGAMPAR DUA KALI. (Weleh..weleh..weleh.. tradisi darimana ya, yang kayak gitu??). Akhirnya gue diterima di PTN juga, meskipun jauh banget. But, its ok lah.

Ternyata kemaren gue baru lolos Tahap I, dan Tahap II (Tes Kesehatan) akan dilaksanakan di kampusnya, tepatnya di FIK (Fakultas Ilmu Keolahragaan) pada tanggal 20 Mei—tergantung fakultas sih, ada yang tanggal 19 juga—gue harus ke Jogja. Karena yang diterima Cuma 2 dari 5 orang, tadinya gue berniat Cuma berdua sama dia (Arief). Tapi ternyata butanya akan jalan di Jogja membuat nyali gue ciut juga. Dan akhirnya gue dianter bokap dan Arief dianter omnya. Pas hari Rabu (19/5) gue udah siap berangkat dengan rute perjalanan tuh dari Rumah→Terminal Bubulak→Sukasari(tempat bisnya)→Jogja. Yapz, kita naik bis dan gak mau naik kereta karena gue terlalu parno dan negatif thinking tentang KA yang ada di Indonesia ini, 
Kita berangkat jam dua siang, itu juga nunggu satu jam karena kita terlalu on-time yang dateng jam satu. Dimulailah perjalanan yang cukup membosankan itu. Iyalah membosankan, lha wong gue Cuma bisa diem, sms-an sama temen-temen gue dan ngobrol seperlunya sama Arief yang duduk disamping gue, karena impossible gue bisa nyaman duduk sama bokap. Garing banget tau gak. Peace dad!!  Malam di hari pertama perjalanan itu gue gak bisa tidur sampe jam dua belas-an, tidur juga Cuma sebentar-sebentar, soalnya supirnya suka ngerem ngedadak sih. Jadi kan tidur gue terganggu, alhasil gue jadi terjaga. Singkatnya perjalanan itu menghabiskan waktu 16JAM!! Biasanya sih 14jam, tapi berhubung macet banget di Subang, jadi nambah 2jam deh. Gila aja, pantat gue sampe tepos gitu. Pegelnya minta ampun. Tapi gue gak mau ngeluh juga, karena walau bagaimanapun kalau gue jadi disana (Amiin), itu sudah menjadi rutinitas yang tak bisa di ganggu gugat.
Tadinya gue kira, gue bakal mandi di terminal (Upz, maksud gue di toiletnya lho!!). Ternyata kita langsung ke tempat kost temennya kakak gue. Untungnya kakak gue punya temen deket disana. Selama satu jam setengah gue disana untuk siap-siap dan go to kampusnya buat lapor dan tes kesehatan. Sarapan pertama gue disana, sungguh tak seenak yang gue bayangin, mungkin karena lidah gue juga yang belum bisa beradaptasi dengan makanannya. Pas gue lapor di fakultasnya, untung udah agak sepi, jadi gak terlalu lama gue nunggunya. Then, meluncurlah gue ke FIK. Bayarnya Cuma Rp. 40.000,00. setelah difikir-fikir, kok jadi berat diongkos ya? He he he .. Dan tesnya mungkin hanya memekan waktu lima belas menitan, beda banget sama perjalannnya yang lama banget. Itulah yang namanya pengorbanan, semoga aja gak sia-sia. Amiin.
Kalau di lokasinya sih gak ada yang buat gue berdecak kagum banget, kecuali suasana malemnya, apalagi kalau muter-muter kota naik motor. Lebih asyik aja. Oya, yang gue suka dari Jogja tuh, jarang ada sampah dan kaki lima. Orang-orangnya patuh peraturan (mungkin) karena setiap orang wajib pake helm. Gak ada satu pun yang ngelanggar meski gak ada polisi (kayaknya).
Keesokan harinya adalah hari dimana kita capcuz back to house. Dan para bapak-bapak telah memutuskan untuk naik kereta bisnis dari stasiun Tugu. Waaaaaww, ternyata ongkosnya dua kali lipat dari harga tiket bis, ya? Baru tau saya. Hhe .. Untuk pertama kalinya gue perjalanan jauh gitu naik KA (norak banget kan??). asyik sih, gak ada yang namanya macet, yang ada orang-orang yang ngalah demi lewatnya KA, jadi kayak disegani (prikitiw). Tapi bosen juga pemandangan yang terhampar hanya sawah, sawah and sawah. Gak ada waterfall ya? He he ..

Naik kereta emang cukup menghemat waktu, kalau pas berangkat 16jam, pake KA cuma 8 or 9 jam (gue rada lupa). Kita drop di Gambir sebelum akhirnya naik kereta Pakuan Ekspress jurusan Bogor. Berbeda 180° yang gue rasain dari kereta pertama tadi (yaiyalah, harganya aja udah beda dua puluh kali lipatnya). Disini tuh, suatu anugrah kalau kita bisa duduk, meski semuanya sama-sama bayar tiket, permasalahannya karena kita naik saat jam pulang kerja. Jadi wajar aja kalau penumpangnya bejibun banget. Mulai dari lansia sampe bocah juga ada. Emang dasarnya gue punya hobi merhatiin orang, jelas mata gue gak bisa lepas memperhatikan orang-orang di sekitar gerbong tempat gue duduk. Ada yang pacaran, maen game, ngenet di notebook (emang bisa PW ya?), facebook-an, BB-an, dengerin musik, gak ketinggalan yang tidur pastinya. Seru juga ya, merhatiin orang dewasa (dari pakaiannya rata-rata udah pada gawe, jadi gue anggap dewasa). Mereka tuh kayak gak kenal tempat dan waktu, cuek aja kalau ada dalam kereta, yang penting bisa duduk dan selamat sampe rumah. Gak peduli yang cakep or keren, mereka tetep mau duduk dibawah hanya dengan beralaskan koran or kursi lipet (kesempatan pedagang tuh). Sebenernya, gue pengen ceritain masalah sepasang kekasih unik. Tapi gak enak juga untuk dipublikasikan. Karena hal ini juga Cuma gue ceritain ke sahabat sekaligus mammi gue. He he he ...

Finally, gue nyampe Bogor jam setengah tujuh dan sampe rumah jam setengah sepuluh. Gue home sick juga selama tiga hari. Tapi karena gengsi, jadi gue gak terlalu nunjukin itu. Ckikikiki... pokoknya perjalanan kemaren cukup melelahkan, menyenangkan dan memberikan sisi unik di lembaran kosong hidup gue (Lebaaay banget sih).

No comments:

Post a Comment

Silahkan comment UPIL gue dengan kaidah yang baik, tidak OOT, tidak vulgar dan tidak menyinggung SARA. ^^b #okesip