Pages

Search Upil on This Blog

Protected by Copyscape Duplicate Content Detection Software

Thursday, May 31, 2012

Evaluasi nyoook!


Good bye MAY. today is the last day of May in 2012 

Biasanya dalam setiap kegiatan pasti ada pra-inti-pasca. Pra diisi dengan rencana, inti diisi dengan pelaksanaan kegiatan dan pasca diisi dengan evaluasi. Dengan adanya evaluasi kita bisa mengetahui kelemahan dan kelebihan kita selama pelaksanaan kegiatan. Perbaiki yang kurang dan melakukan lebih baik untuk yang positifnya.

Pada awal bulan gue udah membuat suatu harapan yang bisa dikatakan itu rencana pelaksanaan kegiatan gue. Kalo belum baca, bisa diliat disini. Gue pada awal bulan itu semangat '45  eh tapi baru dua hari setelah semangat, gue lesu lagi. Iya, gue emang labil banget. Eh tepatnya sih moody. Semangat gue sering naik turun, sama seperti semangat move on gue karna dia. #Ups


Sekarang gue cuma mau bilang bahwa rencana gue GATOT semua. Kok gitu Pit? yaiyalah, disiplin waktu gue berantakan banget di bulan ini, tulisan-tulisan gue gak banyak di bulan ini, untuk yang ngajar sih jangankan melaksanakan itu pilih waktunya aja masih susah. Hmhm and the last, untuk kenaikan tinggi dan penuruan berat masih belum terpenuhi. Kemaren sih gue abis lari bareng si Nita keliling rektorat kampus 3x selama 15menit. Tapi hasilnya belum terasa oleh gue. Yaiyalah, wong cuma sekali thok larinya. muehehehe

Nah, gue mau berbagi tips aja deh gimana caranya supaya rencana lo gak sia-sia kayak gue.

1. NIAT
Segala sesuatu pasti dimulai dengan niat. Baik itu niat yang terucap atau nggak. Emang ada niat yang gak terucap? Ada, misalkan lo lagi shalat eh tiba-tiba panggilan alam memberikan sinyalnya. Gak mungkin dong lo ucapin pas lagi takbir. Bukannya pergi ke jamban, nanti malah pergi ke neraka.
Oke balik lagi ke niat. Kalau dari awal rencana lu udah mantep, niat udah kokoh. Pas jalanin tu rencana pasti bakal mulus, kecuali ada aral melintang, itu mah emang udah jadi faktor eks. Pas awal bulan itu niat gue emang rada-rada kurang mantep, makanya jadi gatot. #DontTryAtHomePlease

2. Percaya Diri
Lho? apa hubungannya?
Ada dong. Setelah niat mantep, lo harus percaya sama diri lo sendiri bahwa lo mampu, lo bisa, dan lo pasti berhasil. Naah kalau energi positif seperti itu udah merasuk ke lubuk hati sanubari terdalam, pasti berhasil. Gue gak berhasil kan karena gue gak percaya kalau gue mampu, apalagi yang point terakhir rencana gue. Haiyaah :(

3. Cari Peluang
Cari peluang yang gue maksud disini adalah, ketika lo mau menjalankan rencana lo. Lo harus udah memiliki pandangan, mana yang kira-kira berpeluang memiliki bobot keberhasilan untuk dilaksanakan. #Tsah bahasa gue muter-muter bikin keder. Intinya, lo harus pinter-pinter pilih waktu yang tepat dan niat yang harus tetep kokoh terpercaya.

4. Berdoa
Seperti kata orang bijak di luar sana, manusia hanya berusaha dan Tuhan yang menentukan. Maka dari itu, lo harus banyak berdoa agar segala rencana lo bisa terpenuhi. Percuma juga lo usaha mati-matian tapi gak dapet izin dari Tuhan. So, tobat yaa mulai dari sekarang. Gue sadar doa penting setelah kejadian-kejadian sial yang terjadi pada diri gue bulan Mei kemaren. Karma itu ada, karena gue sering ninggalin shalat subuh, akhirnya Tuhan tidak mengizinkan hari gue lancar. Gue sadar iteruu.

Oke guys, itulah beberapa tips dari gue. Kalau ada yang mau nambahin, monggo. Tapi dari evaluasi, jangan lupa untuk mengambil hikamhnya yaa ^^ kalau ada kesalahan dari rencana, jangan sampai keulang lagi di kesempatan yang lain.
Keep spirit and never give up!

That's Me
@Rospita_NF

3 comments:

  1. Satu lagi,'kerjakan'.
    iya, paksa buat dikerjakan,
    lakukan rencana itu sesuai rencana tentunya..

    he-

    cemungut-cemungut!!

    ReplyDelete
  2. hehe ALLAHUMMA Paksakeun..
    sebenernya masalah utama gue bulan kemaren adalah, manajemen waktu yang buruk.
    :( hadeeeeh!

    ReplyDelete
  3. well..
    ada pelajaran manajemen yang mengatakan :

    PLAN- DO- CHECK- ACTION

    coba saya di tengok.. :)

    ReplyDelete

Silahkan comment UPIL gue dengan kaidah yang baik, tidak OOT, tidak vulgar dan tidak menyinggung SARA. ^^b #okesip